Senin, 15 Maret 2010

UPS ( Uninterrupted Power Supply) dengan Accu Motor


UPS ( Uninterrupted Power Supply), merupakan sutau alat eloktronik yang berfungsi untuk mengatasi listrik yang sering mati secara tiba-tiba. Biasanya UPS ini banyak digunakan pada komputer. Karena bermanfaat untuk menyelamatkan perangkat komputer dari kerusakan sewaktu listrik mati secara tiba-tiba. Tapi UPS ini tak bisa diharapkan berkerja secara maksimal seperti rangkaian listrik rumah, karena sistem kerjanya hanya bisa bertahan menyala beberapa menit dari terjadinya listrik yang mati secara tiba-tiba, UPS di dalamnya terdapat sebuah baterai atau accu kering. Apabila baterai ini rusak atau sudah drop maka UPS tidak dapat bertahaan menyala sewaktu listrik mati, masalah seperti ini banyak di jumpai para pengguna UPS, sampai-sampai akhirnya mereka harus membeli UPS yang baru, karena untuk mengganti baterai UPS yang bagus harganya hampir sebanding dengan harga UPS baru. tapi menurut saya bagi anda yang mempunyai UPS yang baterainya sudah rusak atau drop, tetapi mesinnya masih bagus, lebih baik mengganti baterainya saja dengan yang baru tapi jika anda ingin mengganti baterai UPS yang baru ada baiknya menggunakan baterai atau accu yang basah seperti accu motor. Karena accu basah ini lebih tahan dibanding accu kering walaupun sedikit repot untuk mengontrol air accunya. Seperti halnya yang saya lakukan terhadap UPS saya ini.

Gambar 1 : UPS dalam posisi on menggunakan Listrik

Tapi perlu diingat jika anda ingin mengganti dengan accu basah gunakanlah accunya yang sesuai dengan kemapuan UPS anda. seperti accu yang saya gunakan dengan 12v dan 7ah. Semakin besar amper yang digunakan semakin lama UPS dalaam melakukan pengecasan, tapi sebaliknya semakin lama UPS bertahan dengan menggunakan accu. Seperti inilah UPS digunakan tanpa aliran lisrtik melainkan dengan accu.

Gambar 2: UPS dalam posisi dengan daya accu

5 komentar:

firman mengatakan...

boleh minta gambar/skema cara nyambungnnya ngga? takuu klo salah min/plusnya. Tolong dikirm ke email : firmanullahh@yahoo.com makasih banyak bantuannya.. :)

hijau mengatakan...

minta dong cara pemasangannya gimana? saya pake ups grace, klu listrik mati cuma tahan 5 detik.

dodo mengatakan...

boleh dong gimana cara merangkainya?
terimakasih

Modify UPS mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Modify UPS mengatakan...

Broo tolong kirim'in skema perakitan'nya donk.
Btw bs pake accu mobil kan??
Trs setelah UPS di modify, kabel power UPS tetap di colok ke PLN bs kan??
krmin ke email ak ya.
andri.sunardi90@gmail.com
Thx broo...

 
Copyright 2009 Kurniawan_sha. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree